Kolinlamil Gelar Sosialisasi Langkah Awal Tahun Dan Pembuatan PJK Tahun 2023

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Keuangan Wilayah (Kuwil) Kolinlamil menggelar kegiatan Sosialisasi Langkah-langkah Awal Tahun dan pembuatan PJK tahun 2023 di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (30/1). Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri oleh Pimpinan Bank BJB Cabang Tanjung Priok Ivan Pratama, KPPN Jakarta IV Riki dan diikuti oleh sejumlah prajurit dan PNS Kolinlamil pemegang UUDP dan pembuat PJK serta pengawak SIMAK BMN satuan kerja di lingkungan Kolinlamil.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kasubdis APK Kolinlamil Letkol Laut (S) Nelson Fernandes sekaligus membacakan sambutan Kepala Kuwil Kolinlamil, bahwa sosialisasi yang diberikan ini membahas tentang pembuatan PJK tahun 2023 dan proses input aplikasi Komitmen dan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) sebagai aplikasi yang digunakan bagi Satker dalam mendukung implementasi SPAN dalam melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi Satker yang ada.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan para pejabat yang terkait dengan bidang tugas pembuat PJK, pengawak SIMAK BMN dan penyusunan Laporan Keuangan di Kolinlamil dapat semakin profesional dan proporsional.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yayan Sofiyan disela-sela waktunya menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan dan meningkatkan pemahaman bagi para pengawaknya. Sehingga akan meminimalisir kekurangmampuan dan kekurangtelitian para pemegang UUDP dan petugas SIMAK BMN di Satuan. Hal ini sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa prajurit TNI AL harus memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing bidang serta fokus terhadap penyelesaian tugas sesuai dengan arah kebijakan Kasal.

“Sosialisasi bersama ini merupakan momentum yang sangat penting, agar permasalahan yang dihadapi Satker Kolinlamil dalam pembuatan Laporan Keuangan dapat diatasi dan disempurnakan serta sekaligus diperoleh keseragaman format dan Laporan Keuangan bagi Unit Akuntansi Uang dan Unit Akuntansi Barang di lingkungan Kolinlamil. Diharapkan para peserta mempunyai kemampuan dalam menyusun laporan yang akurat, sehingga benar-benar tercapai keadaan tertib administrasi yang dapat dipertanggungjawabkan secara formal.” pungkas Panglima Kolinlamil.

Fram
Dispen Kolinlamil

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.