Komitmen Bersama, RSUD Kayuagung Optimis Raih Akreditasi SNARS

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung – Sebanyak 500-an pegawai di jajaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung mulai dari Direktur, Dokter, Perawat hingga pegawai dan staf, berkomitmen dan optimis meraih Akreditasi SNARS Edisi 1 Tahun 2018.

Penggalangan komitmen itu disimboliskan dengan melakukan penandatanganan diatas spanduk besar yang berisikan tiga point kesepakatan, yang harus dilakukan oleh ratusan pegawai di jajaran RSUD Kayuagung di Halaman RSUD Kayuagung, Selasa (08/05/2018) pagi.

Ketiga point tersebut yakni pertama, siap untuk melaksanakan perubahan yang beorientasi pada pelayanan kesehatan yang bermutu dan tercapai keselamatan pasien. Kedua, mendukung gerakan responsif dengan semangat, cepat dan tanggap terhadap setiap kebutuhan pasien.

“Dan ketiga, siap mensukseskan tercapainya Akreditasi RSUD Kayuagung tahun 2018,” ujar Direktur RSUD Kayuagung, dr Fikram didampingi Ketua Akreditasi RSUD Kayuagung, dr T Mirda Z M.Ked (ped) SpA.

Menurut Fikram, setiap rumah sakit di Indonesia berkewajiban untuk mendapatkan sertifikasi akreditasi, dimana dalam mencapai Akreditasi SNARS Edisi 1, ada 16 pokja yang harus dipenuhi dan akan dinilai oleh tim KARS pada November 2018 mendatang.

“Akreditasi tersebut bukanlah tujuan utama, namun proses yang harus disepakati bersama bagi seluruh pegawai di RSUD Kayuagung. Langkah awal kita dalam proses Akreditasi ini adalah menyiapkan SDM yang handal, dengan mengikuti beberapa training atau pelatihan dan bimtek, baik yang diselenggarakan oleh pihak RSUD Kayuagung maupun pihak luar,” terang Fikram.

Kabid Pelayanan Medik, Keperawatan dan Non Keperawatan, Ubaidilah SKM MKm menambahkan, sejauh ini pihaknya telah melakukan workshop dengan menghadirkan berbagai narasumber baik dari Kementerian Kesehatan RI dan RSMH Palembang.

“Diantaranya workshop Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), serta Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO),” urainya.

Lanjutnya, ada beberapa tingkatan akreditasi bagi rumah sakit, yakni Pratama, Madya, Utama dan Paripurna. “Yang jelas kita mengharapkan penilaian maksimal. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal dan berkesinambungan kepada para pasien di RSUD Kayuagung,” pungkasnya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.