Penanganan Orang Gangguan Jiwa, UILS Rumah Kita Lakukan Terapi Relaksasi

Spread the love

Jurnalline.com, JAKARTA – Sebagai bagian dari penanganan gangguan kejiwaan di DKI Jakarta, Unit Informasi Layanan Sosial (UILS) Rumah Kita melakukan terapi relaksasi terhadap 19 orang penyandang psikotik atau gangguan jiwa. Terapi itu dilakukan pada Kamis kemarin di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Dinas Sosial DKI Jakarta Titi Purwanti, mengatakan, UILS Rumah Kita merupakan salah satu daycare yang memberikan pelayanan kepada warga sekitar yang memiliki masalah kejiwaan.

“Terapi ini penting untuk kami lakukan. Karena membantu kepulihan mereka. Karena saat ini orang yang mengalami masalah kejiwaan di DKI cukup tinggi,” tandas Titi saat ditemui Jumat (28/4).

Ia melanjutkan, dengan adanya UILS Rumah Kita yang berada di Tebet, Jakarta Selatan, siapapun warga DKI bisa mengikuti aktivitas yang ada di sana. UILS juga tersebar di lima wilayah DKI Jakarta tidak hanya ada di Jakarta Selatan.

Total di DKI Jakarta, terdapat lima UILS yang masing-masing berada di lima wilayah kota. Mereka yang ikut terdiri dari UILS Tebet di Jakarta Selatan, UILS Koja di Jakarta Utara, UILS Kemayoran di Jakarta Pusat, UILS Meruya di Jakarta Barat, UILS Duren Sawit dan Ciracas di Jakarta Timur.

Dalam terapi relaksi itu, sebanyak 19 orang penerima manfaat mengikuti games estafet bola-bola pipa. Mereka juga mengunjungi museum zoologi dengan mencatat semua apa yang mereka lihat di dalam museum dan berkenalan dengan orang baru sesama pengunjung museum.

“Terapi ini selain menyenangkan dan mendapat pengetahuan yang baru, mereka juga berinteraksi dengan orang baru. Membangun komunikasi dengan orang lain, ini bagus untuk kepulihan mereka,” kata Titi.

Karena memang menurutnya, terapi relaksasi ini sebagai sarana hiburan, meningkatkan kerjasama, kekompakan, konsentrasi, kebersamaan, percaya diri, keberanian, kreatifitas, inisiatif dan sebagai resosialisasi dengan masyarakat.

(Haryati)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE