Resmi Di Cabut, Masa Tanggap Darurat Halsel Berakhir

Spread the love

Jurnalline.com, Maluku utara (Hasel) – Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Lc menghadiri Pencabutan berakhirnya Masa Tanggap darurat pemerintah Kabupaten Halmahera selatan di Desa Saketa Kecamatan Gane Barat, Kab. Halmahera Selatan Minggu(28/7).

Gubernur dari Bandara Sultan Babullah Ternate ke Bandara Usman Sadik menggunakan Pesawat Jenis CN 295 denganTail numbernya A-2907 serta Captain pilot Mayor Pnb Donny Eko Prayogo ( Komandan Skadron Udara 2) Satuan Skadron Udara 2 Halim Perdana Kusuma. yang dijemput langsung oleh Sekretaris Kabupaten Halmahera Selatan Helmi dan Kasubdit kompensasi dan pengembalian hak pengungsi BNPB Budhi Erwanto.

Setelah itu, dari labuha gubernur bersama Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba langsung ke Desa Saketa kecamatan Gane Barat dengan menggunakan Hely Doulphin BNPB.

Disela-sela, Gubernur mengucapkan terima kasih dan dedikasi yang setinggi-tingginya kepada Presiden RI Joko Widodo, atas Kepedulian dan Bantuan terhadap Korban gempa melalui Kementerian Sosial, dan juga kepada TNI/Polri serta BNPB yang Sudah membantu menyediakan Transportasi Baik Pesawat, Hely dan Kapal untuk menyalurkan bantuan sampai ke desa-desa yang terkena dampak bencana, dan juga kepada Relawan-relawan yang selama ini telah membantu.

Gubernur juga berterima kasih kepada seluruh Masyarakat yang telah menyalurkan bantuan kepada Korban Gempa melalui Posko-posko Bantuan yang ada Ternate, Labuha, dan Saketa.

Sementara itu, Pada Acara Tersebut, Bupati dalam Sambutannya Mengatakan sebagai pemerintah daerah, bencana ini harus disikapi secara cepat dan tepat sasaran, seluruh sumber daya yang kita miliki telah dikerahkan.

“Gempa yang terjadi pada tanggal 14 juli 2019 ini, pemerintah Kabupaten telah menetapkan Masa tanggap darurat yang pertama dari tanggal 15 juli sampai dengan tanggal 21 juli, namuan setelah dilakukan evaluasi pada fase pertama ternyata tanggap darurat masih perlu banyak yang dilakukan demi memasok logistik dan bantuan lainnya bagi warga yang terdampak karena banyak akses transportasinya, mencermati kondisi tersebut kami melakukan perpanjangan Masa Tanggap darurat kedua dari tanggal 22 juli sampai dengan 28 juli 2019”. jelasnya.

Lanjut bupati, bahwa fase tanggap darurat ini tentunya harus kita akhiri untuk selanjutnya kita masuk pada masa transisi darurat, pada masa transisi tentunya berbagai sarana yang terdampak harus segera kita perbaiki.

Selain itu, Bupati mengatas namakan pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten Halmahera Selatan menghaturkan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada BNPB dan seluruh jajaran yang telah mengarahkan sumber-sumber dayanya.

Yang kedua menteri sosial RI dan seluruh jajarannya yang telah memberikan bantuan kepada warga kami yang terdampak gempa bumi di kabupaten Halmahera selatan, yang ketiga Pangdam XVI Patimura dan seluruh jajaran TNI yang dengan sigap membantu penanganan bencana sampai saat ini dan telah menyebarkan anggotanya ke wilayah-wilayah terdampak, selanjutnya terimakasih kepada Kapolda dan seluruh jajaran Kepolisian yang telah menerjunkan anggota keseluruh wilayah terdampak, juga kepada Gubernur dan seluruh jajaran pemerintah Provinsi Maluku yang telah memberikan perhatian dan bantuan kepada warga kami juga kepada Bupati/walikota yang juga memberikan perhatian dan bantuan kepada warga kami.

Sementara itu, Danrem 152 Babullah Endro Satoto mengatakan bahwa Masa tanggap darurat dari kabupaten Halmahera Selatan Berakhir hari ini, dan kami akan menyerahkan tanggung jawab kepada pemerintah Kabupaten, sementara untuk batas Masa Tanggap darurat untuk provinsi Maluku Utara akan berakhir pada tanggal 31 juli 2019 dan anggota kita akan membantu membeckup kepada Pemerintah Provinsi dalam hal ini BPBD Provinsi Maluku Utara sampai selesai masa tanggap darurat untuk provinsi.

Perlu diketahui bahwa, disela-sela acara tersebut Gubernur secara simbolis juga memberikan Piagam Penghargaan Kepada Relawan yang telah membantu di daerah yang terdampak Gempa ini.
Turut Hadir, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Bambang Hermawan Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Helmy, Forkompimda Kabubaten Halmahera Selatan, Kepala Dinas Perumahan Dan Pemukiman Provinsi Maluku Utara Santrani Abusama, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Safruddin Djuba.

Penulis : Randi Ridwan
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.