DLH Gelar Lomba Bersih Danau Tondano

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – Ratusan peserta lomba yang terdiri dari unsur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), kelompok masyarakat, mahasiswa dan pemuda, Pecinta Alam, Para Siswa/i Sekolah Menengah, Aparatur Sipil Negara (ASN) melaksanakan kegiatan lomba bersih angkat eceng gondok berlangsung di Kelurahan Toulour, Kecamatan Tondano Timur, Sabtu (30/11).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Minahasa, Ir, Wenny Talumewo, menjelaskan jumlah peserta yang ikut mendaftar adalah 35 kelompok.

“Ada Sekitar 400 orang lebih yang ikut dalam lomba ini karena panitia pelaksana menyediakan hadiah uang tunai Rp.10.000.000.- bagi kelompok pertama pemenang.”ujarnya satu tujuan adalah guna memunculkan sikap peduli dalam diri setiap warga Minahasa.

Lanjutnya kegiatan Ini tidak sekedar lomba, namun lebih menyangkut sikap kepedulian, menanamkan kesadaran masyarakat harus peduli dengan kondisi danau Tondano yang saat ini sedang kritis.

“Tahun ini kita menyisir pesisir sungai DAS Tondano, tahun depan kita akan selesaikan dilokasi danau. dirinya mengimbau kepada masyarakat, khususya yang mendiami di sekitar DAS Tondano untuk lebih peduli dengan pelestarian danau dengan aktif melakukan pengangkatan eceng gondok di sekitar lokasi tempat tinggal.” tandasnya

Senada Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Donald Wagey MBA, menegaskan bahwa perhatian pemerintah adalah bagian revitalisasi danau Tondano.

“Revitalisasi Danau Tondano tahun 2020, Pemkab Minahasa mengapresiasi nantinya banyak hal yang direncanakan utamanya pelestarian danau sebagai icon kota Tondano.” urai Wagey

Turut Hadir unsur Kodim 1302/Minahasa, Staf Khusus Bidang Komunikasi Pemkab Minahasa- tim juri lomba, beserta para peserta lomba.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.