Cegah Covid-19, Ketua MUI Kota Serang Himbau masyarakat Untuk Tetap Di Rumah

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Serang (Banten) – Dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang Drs. Kh. Mahmudi,M.si, Rabu (25/03/2020) Menyampaikan himbauan kepada masyarakat di Provinsi Banten.

“Masyarakat khususnya di Banten harus mengikuti peraturan yang telah ditetapkan pemerintah, dan turut berkontribusi mencegah penyebaran covid-19,” katanya.

Lebih lanjut Ketua Umum MUI Kota Serang mengatakan bahwa Setiap orang wajib melakukan ikhtiar menjaga kesehatan dan menjauhi setiap hal yang diyakini dapat menyebabkannya terpapar penyakit, karena hal itu merupakan bagian dari menjaga tujuan pokok beragama.

“Orang yang telah terpapar virus covid-19, wajib menjaga dan mengisolasi diri agar tidak terjadi penularan kepada orang lain,”ujarnya.

Kh.Mahmudi menyampaikan bahwa salat Jumat dapat diganti dengan salat zuhur di tempat kediaman, karena salat Jumat merupakan ibadah wajib yang melibatkan banyak orang sehingga berpeluang terjadinya penularan virus secara massal.

“Jika berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan salat Jumat dan menggantikannya dengan salat zuhur di tempat kediaman, ,”ujarnya.

Terakhir ia berpesan kepada masyarakat untuk tidak perlu panik, bahwa virus covid-19 ini punya Allah, maka marilah minta pertolongan kepada Allah, kita banyak berdzikir, jangan lupa sholat terus berwudhu, dan tetaplah ikuti aturan yang diberikan oleh pemerintah mengenai social distancing, insha allah kita akan terhindar dari virus covid-19.

Penulis : Jon
Editor : Ndre
Sumber : Bidhumas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.