Wagub Steven Kandouw Sampaikan Pesan Penting Terkait Kerukunan Beragama

Spread the love

Jurnalline.com, Kawangkoan – Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, Wakil Pangdam XIII/Merdeka Brigjen Erdy Lumintang, Anggota DPR RI Vanda Sarundajang, bersama Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi. Selaku Ketua Umum Panitia Sidang MPL dan Konsultasi Tahunan BIPRA SAG SULUTTENG bersama ibu Dra. Fenny Ch. Roring Lumanauw, SIP. (Ketua Komisi WKI Sinode GMIM), menghadiri dan mengikuti Ibadah Pembukaan Sidang MPL dan Konsultasi Tahunan BIPRA SAG SULUTTENG yang di laksanakan di Gedung Gereja KGPM Sentrum Kawangkoan, Selasa (05/4/2022).
Ibadah ini dipimpin oleh Sekretaris Umum MPHPGI Pdt. Dr Jacky Manuputty, MTh.

Dalam sambutannya Gubernur Olly Dondokambey diwakili Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven OE Kandouw Sekaligus Membuka Langsung Pelaksanaan Sidang MPL dan Konsultasi Tahunan BIPRA SAG SULUTTENG menyampaikan beberapa pesan penting terkait, kerukunan dan pemerintahan.

“Dalam minggu-minggu sengsara seiring dengan bulan suci Ramadhan umat beribadah puasa, menjadi momentum bagi seluruh umat manusia untuk introspeksi, kontemplasi dan evaluasi diri Gereja GKPM merupakan Gereja kaum nasionalis seperti BW Lapian (Pahlawan Nasional), Dr GSSJ Ratulangi (Pahlawan Nasional).”

Meski berbeda dengan Gerejanya, namun simbol-simbol ini menunjukkan kerukunan, perdamaian dan harmonisasi terus menerus terpelihara sejak dulu hingga sekarang.

Hal itu dibuktikan dengan dirilisnya kota-kota di Sulawesi Utara nomor salah satunya KotaTomohon berada di dua paling rukun di Indonesia.

“Kalau gereja saya, gereja Belanda. Sengaja saya singgung ini. Ini menjadi simbol-simbol perdamaian, simbol-simbol hamony. Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi, aspirasi untuk kita semua,”Ungkap Wagub Kandouw

Turut hadir Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Rembang,
Ketua Komisi WKI SAG Sulutteng Pnt Peggy Adeline Mekel SE MA, peserta Sidang MPL, perwakilan 13 Komisi WKI di Gereja Sinode.
Forkopimda Minahasa, Ketua-ketua Sinode dan Pimpinan BIPRA se-SAG SULUTTENG, dan Para pendeta, Gembala peserta Sidang SAG Sulutteng.

Penulis : IskandarEffendy
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.